Sabtu, 12 Januari 2013

Teknik Kawin Suntik Pada Ayam (Inseminasi Buatan)

Teknik kawin suntik pada ayam (Inseminasi buatan)

Dalam hal ini banyak sekali penghobi ayam di Kabupaten Bangkalan terutama ras ayam eksotik (exotic animal) seperti ayam hutan (bekisar), ayam filiphine (birma), ayam serama, dan ayam pelung begitu juga ayam aduan. Peran serta Puskeswan Burneh adalah memberikan informasi teknik kawin suntik pada ayam.Sehingga peternak maupun penghobi lebih mengetahui dan memahami teknologi yang lebih optimal. Berikut adalah cara melakukan kawin suntik pada ayam :
  • Air mani yang diperoleh diencerkan dengan NaCl physiologis atau bahan pengencer lain dengan perbandingan 1:10, dan segera dilakukan inseminasi.
  • Untuk melakukan inseminasi buatan diperlukan 2 orang pelaksana, yakni : Orang pertama memegang ayam betina yang akan di inseminasi pada bagian antara kedua paha dengan tangan kiri dan menjepitnya di ketiak dengan kepala ayam menghadap belakang. Tangan kanan mencari vagina dengan mengadakan tekanan pada bagian abdomen sekitar kloaka dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  • Stelah tampak ada dua lubang didalam kloakanya (sebelah kanan adalah lubang akhir dari usus dan sebelah kiri adalah vagina), naka air mani tersebut dimasukkan dalam lubang vagina sekurang-kurangnya 0,05 cc dengan menggunakan spuit 1 cc atau spuit tuberculine kira-kira sedalam 2 cm. Bersamaan dengan ini tekanan pada abdomen (perut) ayam dikurangi, agar air mani yang masuk tidak keluar lagi.
  • Inseminasi buatan ini dilakukan dengan interval seminggu sekali pada setiap betina.

1 komentar: